Bagi Anda yang merupakan seorang wanita karir, tentu Anda akan sedikit susah membagi waktu Anda untuk memasak masakan harian keluarga. Anda tentu tidak bisa terus menerus mengandalkan makanan delivery dari restoran atau warung makanan. Solusi yang bisa Anda pakai adalah dengan memanfaatkan bumbu siap pakai atau bumbu masak instan.

Saat ini sangat mudah menemukan produk kemasan bumbu masak instan yang mudah disajikan. Untuk mengolahnya juga tidak memerlukan waktu yang lama. Namun, perlu Anda perhatikan dengan baik, tidak semua bumbu masak instan memiliki kandungan yang baik. Sebisa mungkin Anda harus berhati-hati dalam memilih bumbu instan tersebut.

Trik Jitu Pilih Bumbu Instan Berkualitas

Ibu-ibu yang masih awam dengan bumbu masak instan, mungkin akan merasa sulit menemukan kualitas terbaik dari banyaknya brand bumbu tersebut. Anda tidak perlu khawatir, di bawah ini bisa Anda simak dengan baik beberapa poin penjelasan tentang cara memilih bumbu instan yang berkualitas. Diantaranya adalah :

1. Perhatikan Komposisi

Komposisi dalam sebuah produksi bumbu jadi, sangat perlu diwaspadai. Pastikan Anda memperhatikan bahan-bahan apa saja yang digunakan dalam kemasan bumbu tersebut. Semakin alami bahan yang digunakan, maka semakin baik pula bumbu instan tersebut.

Hal tersebut juga bisa jadi acuan untuk Anda menghindari resiko alergi dan sejenisnya. Selain memperhatikan bahan-bahannya, perhatikan juga takaran yang digunakan. Takaran bahan yang terlalu berlebihan juga tentu tidak baik untuk kesehatan tubuh Anda dan keluarga.

 

2. Cek Masa Berlaku Bumbu

Setiap produk makanan atau minuman, tentu memiliki masa kadaluarsa atau masa berlaku pakainya. Dalam hal ini, masa kadaluarsa sangat penting diperhatikan. Bumbu yang sudah kadaluarsa berpotensi jamuran. Hal ini menyebabkan keracunan pada makanan atau hal lain yang memicu buruknya kesehatan.

 

3. Perhatikan Kandungan Zat Pewarna

Bumbu memang wajarnya memiliki zat pewarna, baik itu zat pewarna alami maupun buatan. Bumbu masak instan yang baik akan memakai pewarna alami yang berasal dari rempah atau tumbuhan. Sebaliknya, bumbu instan yang mengandung bahan pewarna aditif tidak alami, akan berpotensi mengganggu kinerja organ tubuh.

Adapun zat pewarna aditif yang dinilai berbahaya adalah seperti, metanil yellow dan rhodamin B. Dua bahan pewarna ini sudah sejak lama dikenal sebagai bahan warna yang buruk untuk tubuh.

Bisa Anda bayangkan jika kedua bahan ini ada pada bumbu masakan, tentu akan berpotensi mengundang penyakit dalam tubuh Anda. Karenanya, sebisa mungkin hindari bumbu kemasan instan yang mengandung salah satu atau kedua bahan pewarna tersebut.

 

4. Cek Bahan Pengawetnya

Secara umum, makanan atau bumbu olahan memang mengandung bahan pengawet. Hal ini dilakukan agar bumbu yang sudah dalam kemasan bisa bertahan lebih lama untuk dijual. Memang wajar adanya bahan pengawet ini. Namun bahan pengawet tentu tidak baik untuk kesehatan tubuh.

Solusi terbaiknya adalah dengan mencari bumbu dapur yang menggunakan bahan alami. Tentu masih ada bumbu masak instan yang tidak diberi bahan pengawet buatan. Menggunakan bahan dapur alami yang diproses sedemikian rupa juga bisa menambah masa ketahanan bumbu tersebut.

Memang ada banyak sekali jenis bumbu masak instan dalam kemasan yang siap pakai. Namun sebagai pengguna bumbu yang bijak, Anda tentu harus selektif dalam memilih bumbu masak instan tersebut. Sebagai rekomendasi terbaik, Anda bisa pilih bumbu dapurku. Bumbu dapurku ini memiliki banyak sekali varian jenis bumbu yang siap dihidangkan dengan cara yang prkatis dan mudah.

Meskipun menjadi salah satu bumbu masak instan, namun bumbu dapurku layak jadi bumbu pilihan Anda dan keluarga. Hal ini karena bahan yang digunakan alami. Ada kandungan rempah-rempah yang menyehatkan juga di dalamnya. Gunakan produk lokal alami demi kesehatan keluarga. Kalau Anda ingin tahu lebih banyak soal Bumbu Dapurku, kunjungi saja website bumbudapurku.id. Selain itu Anda dapat membelinya secara online di Cip Official Store Tokopedia, Bukalapak, dan Shopee.