Bumbu, jadi salah satu unsur terpenting dalam kegiatan memasak. Terlebih bagi Anda yang sering memasak masakan nusantara dengan paduan bumbu yang banyak. Tidak jarang penggunaan bumbu masak instan jadi salah satu opsi agar proses memasak lebih cepat dan praktis.

Walaupun bumbu instan, aroma serta rasanya tidak jauh berbeda. Karenanya kini bumbu instan lebih banyak diburu dibanding dengan bumbu rumahan yang harus melalui proses pengolahan cukup panjang serta memakan waktu yang lama sebelum dimasak.

 

Tips Memilih Bumbu Masak Instan

Tren bumbu masak instan membuat siapapun bisa saja mengolah bahkan menjualnya. Beragam produk tersebar di pasaran dengan kualitas yang tidak diketahui. Untuk itu lakukan tips di bawah ini untuk memilih bumbu masak  instan agar masakan Anda tidak gagal.

 

1. Beli di Tempat Terpercaya

Tips pertama beli lah bumbu di tempat terpercaya. Bila perlu Anda bisa membelinya langsung di mini market atau tempat grosir drop pertama. Ini akan meminimalisir kemungkinan pemalsuan bumbu masak instan yang cenderung sedang banyak dicari.

Sebaiknya hindari membeli dari penjual pinggir jalan yang hadir dengan iming iming cuci gudang. Walaupun harganya sama tapi belum tentu barang masih bagus. Anda perlu hati-hati dan memeriksa masa kadaluarsa, karena informasi tanggal yang valid cenderung dihilangkan dengan sengaja.

 

2. Jangan Tergiur Harga Murah

Lain di tempat terpercaya maupun penjualan dadakan di pinggir jalan, Anda harus berhati-hati dengan iming-iming potongan harga. Potongan harga atau promo harga murah memang sangat menggiurkan. Namun tidak jarang kesempatan ini dimanfaatkan oleh oknum tertentu.

Tidak hanya tanggal kadaluarsa, anda juga harus cermat bertanya kepada penjual bumbu masak instan kenapa barang dikenakan promo harga. Dengan begitu Anda bisa sedikit tenang saat berbelanja bumbu instan, namun perlu diingat agar tidak terlalu banyak membelanjakannya.

 

3. Periksa Kemasan

Selanjutnya Anda bisa memeriksa kemasan. Bukan hanya sekedar estetika, memperhatikan kemasan ternyata bisa meminimalisir kesalahan dalam memilih bumbu masak instan. Perlu diketahui, kemasan yang rusak bisa jadi pintu awal kontaminasi kotoran dan bakteri.

Ketika bumbu terkontaminasi tentu saja akan berpengaruh pada hasil masakan nantinya. Karenanya, periksa terlebih dulu kemasan bumbu masak praktis ini sebelum di masukan ke keranjang, terlebih sebelum melakukan pembayaran.

 

4. Periksa Isi Kemasan

Bisa jadi Anda membeli bumbu masak instan dari tempat terpercaya dengan kemasan yang baik. Namun Anda masih harus berhati-hati karena isinya belum tentu baik pula. Maka dari itu periksalah isi bumbu dalam kemasan secara teliti.

Keluarkan isi dari bungkusnya lalu perhatikan apakah warnanya normal atau cenderung tak layak dikonsumsi. Pada bumbu instan bubuk seharusnya tidak terdapat gumpalan apalagi warnanya aneh. Pada bentuk pasta Anda bisa memastikan dengan cara menelisik adakah bagian yang aneh di dalamnya.

 

5. Cium Aroma Bumbu

Terakhir cium aroma bumbu. Dengan begitu kualitas bumbu instan dapat anda kenali secara langsung. Biasanya, bumbu dengan bau menyengat yang aneh menandakan bumbu sudah tidak layak pakai. Begitu pula bila aroma tidak sesuai dengan label dalam kemasan bisa jadi isi tidak sesuai.

Selain mencium aroma, bila benar benar curiga Anda bisa langsung mencicipinya. Cara ini terbilang cara yang paling ampuh untuk mengetahui apakah bumbu layak pakai atau tidak. Sehingga tidak ada keraguan untuk memakai dan menciptakan makanan yang lezat.

Lakukan tips di atas sebagai kunci agar tidak salah memilih bahkan menggunakan bumbu siap pakai. Sebagai opsi lain yang aman Anda bisa langsung membeli online di Cip Official Store TokopediaBukalapak, dan Shopee yang merupakan toko online terpercaya bumbu masak instan Dapurku, dan anda juga bisa melihat varian bumbu instan dan informasi lebih lanjut di bumbudapurku.id. Jangan lupa untuk selalu selektif, ya.