Bulan Ramadhan telah tiba. Setelah satu bulan penuh berpuasa, maka kita akan memasuki hari nan Fitri. Masyarakat Indonesia selalu mengidentikkan hari raya ini dengan menu ketupat plus opor ayam. Bagi yang super sibuk, bumbu siap pakai bisa membantu Anda menghidangkan opor ayam khas lebaran.

Anda tetap bisa menghidangkan opor ayam yang super lezat. Tapi tentu saja, waktu masaknya jauh lebih singkat dan praktis. Bumbu ini juga cocok bagi ibu yang sedang mengurus buah hati, sibuk dengan pekerjaan, hingga ibu yang belum mahir memasak.

 

Tips Membuat Opor Enak dengan Racikan Bumbu Siap Pakai Simpel

Opor merupakan masakan yang terbuat dari daging ayam. Opor identik dengan kuah santan kuning yang kental dan gurih. Opor menjadi salah satu primadona masakan pendamping ketupat. Sebenarnya bumbu dapur untuk membuat opor cukup sederhana dan bisa Anda praktekkan sendiri.

1. Persiapkan Bumbunya

Bumbu yang tepat adalah kunci hidangan opor lezat di hari raya. Anda bisa menyiapkan beberapa jenis rempah dan juga bumbu dasar seperti di bawah ini:

– Santan kental 1 liter.

– Bawang merah 4 siung.

– Bawang putih 2 siung.

– Lengkuas 1 ruas memarkan.

– Jahe 2 cm memarkan.

– Kunci 2 cm memarkan.

– Kunyit bubuk ½ sendok makan.

– Serai 1 batang dimemarkan.

– Cabe rawit sesuai selera.

– Merica bubuk ½ sendok teh.

– Daun salam 2 lembar.

– Daun jeruk 1 lembar.

– Garam 1 sendok teh.

– Penyedap rasa ½ sendok teh.

Jika Anda tak punya waktu untuk mempersiapkan semua bumbu dapur di atas, gunakan saja bumbu siap pakai. Saat ini sudah ada bumbu siap saji dengan aneka rasa diantaranya opor ayam. Pilihlah bumbu masak siap pakai yang terbuat dari bahan-bahan alami. Tujuannya tentu saja menjaga kesehatan masakan Anda.

2. Persiapkan Daging Ayam

Opor bisa menggunakan daging ayam kampung atau potong. Anda bisa memilih daging ayam sesuai selera. Anda bisa menyiapkan 1 kg daging ayam. Jika anggota keluarga yang berkumpul saat lebaran banyak, siapkan daging ayam dalam jumlah lebih.

Kemudian bersihkan daging ayam. Potong jadi beberapa bagian sesuai selera. Ada yang suka memotongnya kecil-kecil untuk 1 porsi. Ada juga yang suka potongan besar agar lebih menggugah selera. Jika daging ayam sudah selesai dipotong, kemudian tiriskan sebentar.

3. Proses Memasak

Ternyata proses memasak opor ayam cukup makan banyak waktu. Apalagi jika Anda ingin rasa kuah opor yang terasa kaldunya. Anda harus masak daging ayam beserta kaldu dalam waktu lama. Agar opor ayam punya rasa yang nikmat, jangan lupa ikuti langkah-langkah di bawah ini:

– Pertama siapkan wajan atau wokpan. Kemudian panaskan minyak untuk menumis bumbu.

– Uleg bawang merah, cabe, dan bawang putih sambal menunggu minyak panas.

– Kemudian tumis bumbu halus sampai harum.

– Jangan lupa masukkan lengkuas, jahe, kunci, dan serai yang sudah dimemarkan.

– Tunggu sampai bumbu jadi layu, kemudian masukkan santan kental. Masak santan dengan api kecil saja agar teksturnya tetap bagus.

– Tambahkan bubuk kunyit.

– Jika Anda menggunakan bumbu instan, maka langsung saja menuangkan santan lebih dulu pada wokpan.

– Kemudian ketika santan sedikit hangat, tambahkan bumbu instan dan masak dengan api kecil.

– Masukkan potongan ayam, daun salam, dan daun jeruk.

– Aduk perlahan sampai kuah opor menyusut dan warna kuningnya keluar.

 

Bumbu siap pakai rasa opor bisa membantu Anda mendapatkan rasa yang lezat. Jika ingin kuah yang kental dan gurih, masak opor sampai kaldunya menyusut banyak. Apalagi jika Anda menggunakan Bumbu masak instan Dapurku, rasa yang dihasilkan akan lebih autentik dan menggoyang lidah. Karena Bumbu Dapurku menggunakan rempah – rempah alami khas masakan Nusantara. Buat Anda yang penasaran dengan Bumbu Dapurku, dapat Anda dapatkan dengan mudah di Official Store kami yang ada di TokopediaBukalapak, Shopee, Blibli, Lazada, dan Jd.id.