Soto sudah menjadi salah satu makanan favorit di Indonesia. Menu makanan ini banyak kita temui di restoran seluruh Indonesia. Anda sebenarnya bisa membuat sendiri soto yang lezat. Kuncinya adalah racikan bumbu dapur dan rempah-rempah yang dipadukan dengan pas.

Soto bisa jadi menu untuk acara spesial keluarga. Misalnya saat reuni, ulang tahun, pengajian, syukuran, dan lain sebagainya. Membuat soto memang butuh ketelatenan dan juga resep yang benar. Anda juga harus menyiapkan banyak jenis bumbu dan rempah sebelum memasaknya.

 

Tips Meracik Bumbu Dapur Soto

Ada banyak jenis soto di Indonesia. Ada soto Betawi yang pakai kuah santan, ada soto dengan sentuhan Melayu, ada juga soto khas Lamongan. Kuah soto Lamongan cenderung bening tanpa pakai santan kental. Tapi Anda bisa pilih pakai daging ayam atau sapi sesuai selera.

Anda pasti pernah kan makan soto yang terasa begitu segar dan nikmat? Kuah soto seperti itu bisa Anda buat sendiri di rumah. Kuncinya adalah racikan bumbu dapur dan cara masak yang pas. Simak saja tips memasaknya berikut ini.

1. Daftar Bumbu

Kuah soto meskipun bening ternyata membutuhkan banyak jenis bumbu dapur. Diantaranya adalah:

  • Bawang merah
  • Bawang putih
  • Merica
  • Tomat
  • Jahe
  • Lengkuas
  • Kunci
  • Serai
  • Kunyit
  • Kemiri
  • Garam
  • Gula
  • Penyedap rasa
  • Daun salam
  • Daun jeruk

Khusus untuk bahan rempah-rempah seperti lengkuas, jahe, kunyit, dan kunci harus Anda haluskan dan peras airnya. Kemudian didihkan air perasan rempah tersebut sampai mengental. Khusus untuk bumbu seperti bawang merah, bawah putih, merica, dan kemiri harus diuleg dan ditumis lama.

2. Proses Masak

Jika bumbu dapur dan tumisan sudah siap, maka Anda harus mengikuti langkah berikutnya. Anda harus merebus daging ayam atau sapi untuk diambil kaldunya. Kemudian masukkan bumbu rempah dan tumisan ke dalam kaldu tersebut.

Masukkan serai yang dimemarkan, daun salam, dan terakhir daun jeruk. Waktu memasak kuah soto ini tergantung berapa banyak kuah yang Anda inginkan. Jika Anda masak untuk sepanci kecil, maka waktunya bisa setengah jam. Jika Anda masak dalam skala besar, maka butuh waktu lebih lama.

3. Proses Penggorengan Daging

Soto ayam khas Lamongan biasanya menggunakan daging ayam goreng. Tentu saja setelah masak kuah, Anda harus mempersiapkan daging goreng ini. Anda bisa membuat bumbu dapur sederhana dari garam dan merica untuk marinasi daging ayam. Kemudian goreng sampai warnanya keemasan.

4. Proses Penyajian

Soto biasanya bukan hanya berisi daging goreng. Soto dilengkapi dengan lauk dan sayur pendamping. Misalnya irisan wortel, rajangan kubis segar, keripik kentang, bawang goreng, kecambah, daun bawang, dan daun seledri. Ada juga yang menambahkan telur rebus di atasnya.

Anda yang ingin hidangan soto lengkap juga wajib menyediakan lauk tambahan tersebut. Agar rasanya semakin semarak, jangan lupa menyiapkan kerupuk udang. Biasanya soto juga harus dilengkapi dengan sambal kecap bagi yang suka pedas.

 

Tips Masak Soto Super Cepat

Step yang paling lama dalam pembuatan soto adalah meracik bumbunya. Karena itu bagi Anda yang super sibuk, Anda bisa menggunakan bumbu dapur siap pakai saja. Pilih bumbu soto siap saji yang berbentuk pasta. Misalnya bumbu pasta soto dari bumbudapurku.

Anda bisa mendapatkan citarasa soto yang otentik kelezatannya meskipun menggunakan bumbu dapur siap pakai. Tapi pastikan Anda hanya menggunakan bumbu yang berjenis pasta agar rasanya lebih keluar. Ketika kuah dimasak, Anda bisa siapkan sayur/isian sebagai pelengkapnya.

Ternyata masak soto dengan bumbu siap pakai Dapurku mudah bukan? Daripada Anda sudah susah payah meracik rempah-rempah tapi rasanya kurang sedap, sebaiknya gunakan bumbu jadi saja. Anda bisa menghemat waktu, tenaga, bahkan biaya. Dapatkan berbagai macam bumbu siap pakai dari Dapurku di toko-toko terdekat di kota Anda. Bisa juga Anda dapatkan melalui Official Store kami yang ada di TokopediaBukalapak, Shopee, Blibli, Lazada, dan Jd.id.