Opor ayam adalah salah satu menu andalan yang biasanya disajikan saat musim lebaran. Namun menu ini juga kerap menjadi salah satu menu favorit harian warga Indonesia. Sebagai ibu rumah tangga yang juga bekerja di luar rumah, Anda tentu sulit membagi waktu antara memasak dan mengerjakan pekerjaan utama Anda. Maka solusi yang bisa Anda pakai adalah dengan menggunakan bumbu siap pakai atau bumbu masak instan.

Saat ini sudah banyak beredar bumbu masak instan yang siap diolah dengan praktis. Salah satu contohnya adalah bumbu dapurku. Bumbu dapur instan yang satu ini, punya berbagai varian bumbu termasuk bumbu opor ayam. Meskipun dibuat secara instan, namun bumbu dapurku kerap menjadi pilihan ibu Indonesia untuk memasak.

Membuat Opor Ayam Dengan Bumbu Dapurku

Untuk menciptakan cita rasa yang pas dalam sebuah masakan, tentu Anda harus memiliki talenta takar bumbu yang baik. Namun saat ini Anda tidak perlu khawatir lagi selama ada bumbu masak instan dapurku, Anda hanya perlu menyiapkan bahan utama pembuatan opor ayam. Berikut ini beberapa tahapan pembuatannya :

1. Siapkan Bahan-Bahannya

Hal pertama yang paling utama harus Anda lakukan adalah menyiapkan bahannya. Dalam hal ini, bahan yang dibutuhkan adalah :

  • Ayam potong secukupnya
  • Bumbu masak instan Dapurku varian opor ayam. Anda bisa gunakan satu atau dua sachet sekaligus. Jika Anda memasak untuk banyak porsi, maka sebaiknya gunakan 2 sachet.
  • Gula dan garam secukupnya
  • Daun jeruk dan daun salam. Untuk takarannya, Anda bisa gunakan perbandingan 1:2, dengan jumlah daun jeruk lebih banyak dari daun salam.
  • Serai 2 batang, dimemarkan
  • Santan 500 ml
  • Minyak goreng (nantinya akan digunakan untuk menumis bumbu)

 

2. Mengolah Ayam

Sebelum mengolah bumbunya, olah dulu ayam yang sudah Anda siapkan. Cuci ayam hingga bersih. Kemudian potong atam tersebut menjadi beberapa bagian. Dalam hal ini bisa menyesuaikan kebutuhan dan selera Anda masing-masing.

Setelah ayam dicuci bersih dan dipotong-potong, Anda perlu merendam dan melumurinya menggunakan air jeruk nipis dicampur garam. Anda perlu mendiamkan ayam yang dilumuri jeruk dan garam ini selama kurang lebih 15 menit.

 

3. Olah Bumbu

Sambil menunggu perendaman ayam, Anda bisa tumis dulu bumbu opor yang akan digunakan. Panaskan terlebih dulu minyak goreng. Selanjutnya, masukkan bumbu masak instan Dapurku opor, serai, daun salam dan daun jeruk. Tumis campuran bumbu tersebut hingga tercium bau harum yang khas bumbu.

Setelah bau harum tercium, tambahkan santan 500 ml dan air secukupnya. Jangan lupa untuk menambahkan gula dan garam dengan takaran secukupnya.

Setelah semua bahan masuk ke dalam wajan, aduk campuran bumbu tersebut hingga semua bahan tercampur dan rata. Kecilkan api dan tunggu hingga bumbu tumis menjadi sedikit kental.

 

4. Memasukkan Ayam

Setelah 15 menit, cuci ayam yang telah direndam hingga bersih. Kemudian masukkan ayam ke dalam kuah opor yang telah dicampur bumbu tersebut. Tunggu hingga kuah opor dan ayam menyatu dan mengental.

 

5. Sajikan

Tahap terakhir adalah penyajian. Agar opor ayam menjadi makin nikmat, Anda bisa gunakan hidangan ketupat atau lontong sebagai pengganti nasi. Selain itu, Anda juga bisa menambahkan kerupuk untuk makanan sampingan agar opor semakin nikmat.

Menyajikan opor ayam tidak sulit bukan? Bumbu dapurku bisa jadi solusi terbaik dan bumbu masak instan yang berkualitas. bahan-bahan yang digunakan oleh bumbu dapurku ini juga sudah terjamin keamanannya. Apalagi, bumbu ini memang sudah menyandang label halal dari MUI, sehingga Anda tidak perlu khawatir untuk mengkonsumsinya. Anda bisa mendapatkan produk bumbu masak instan Dapurku di toko terdekat atau secara online di Cip Official Store Tokopedia, Bukalapak, dan Shopee.