Kemajuan teknologi memang membawa dampak bagi semua aspek. Salah satunya pada perkembangan dunia makanan. Jika makanan dimasak tanpa bumbu pasti tidak ada rasanya, jadi harus ada bumbu yang digunakan. Kabar baiknya adalah saat ini telah hadir bumbu siap pakai yang terpercaya.

Menjadi salah satu unsur penting dalam masakan, bumbu harus ada ketika proses memasak. Terlebih lagi untuk masakan khas Indonesia, sangat kental dengan aneka jenis bumbu rempah yang melimpah. Adanya bumbu siap saji ini tentunya akan sangat membantu menyajikan hidangan lezat.

 

Tips Memilih Bumbu Siap Pakai

Ragam bumbu siap pakai ini, saat ini bisa didapatkan di mana saja bahkan tersedia juga di pasar-pasar tradisional. Ada yang sudah dalam kemasan ada juga yang hanya produk  rumahan. Lalu, apakah semua bahan tersebut aman? Berikut adalah tips untuk memilih bumbu siap saji yang baik dan aman.

1. Jangan Tergiur dengan Harga yang Murah

Poin pertama dalam memilih bumbu siap pakai adalah jangan tergiur dengan tawaran harga yang murah. Biasanya penawaran dengan iming-iming harga diskon dan promo, membuat harga bumbu menjadi sangat murah dibanding harga pasarannya.

Walaupun tidak semua promo dan harga murah itu perlu dihindari, namun pada kenyataannya banyak yang memanfaatkan kesempatan ini. Contohnya adalah bumbu yang telah kadaluarsa, bahan yang digunakan, serta higienis dan tidaknya proses pembuatannya.

2. Belilah di Tempat yang Terpercaya

Tempat pembelian paling tidak membantu Anda dalam memilih bumbu siap pakai yang benar dan berkualitas. Salah satu contohnya adalah belilah di grosir drop atau di minimarket. Hal ini akan meminimalisir adanya kemungkinan terjadi pemalsuan bumbu.

Lebih baik lagi, hindari melakukan pembelian di pinggir jalan. Saat ini banyak sekali oknum yang melakukan kecurangan dengan menjual bumbu abal-abal. Biasanya di obral di pinggir jalan atau di tempat yang ramai dilewati orang-orang.

3. Periksa Kemasannya

Kenapa kemasan menjadi hal yang penting untuk diperhatikan? Sebab bumbu dapur tersebut tersimpan selama beberapa waktu dalam kemasan. Apabila terjadi kerusakan pada kemasan, maka kemungkinan besar bumbu di dalamnya juga telah terkontaminasi bakteri dan kotoran.

Cek dengan teliti apakah ada kemasan yang bocor, sobek, atau rusak. Jika ada, lebih baik ganti dengan memilih kemasan yang masih utuh. Bumbu yang terkontaminasi akan berpengaruh pada rasa dan juga kesehatannya.

4. Periksa Isi Bumbu dalam Kemasan

Ketika Anda sudah membeli bumbu siap pakai, cobalah periksa isi di dalamnya. Keluarkan bumbu dari pembungkusnya. Lihatlah apakah bumbu memiliki warna yang alami atau cenderung banyak bahan pewarnanya.

Bumbu yang sudah siap pakai ini ada beberapa jenis, ada yang berbentuk bubuk, pasta, dan juga bumbu basah. Pada bumbu yang berbentuk pasta, Anda bisa mengaduknya dengan sendok. Teliti apakah ada bagian yang terlihat aneh dalam pasta tersebut.

5. Cium Aroma Bumbu

Jika Anda sering membuat bumbu masakan sendiri, pasti akan sangat familiar dengan aroma bumbu-bumbu. Ketika mendapatkan bumbu yang sudah jadi, ciumlah aromanya. Jika aromanya cukup menyengat dan aneh, berarti bumbu tersebut sudah tidak layak digunakan.

Selain dari aromanya, bumbu yang tidak layak dikonsumsi juga bisa diketahui dari rasanya. Cicipilah sedikit bumbu tersebut apakah memiliki rasa yang aneh atau tidak. Jika Anda meragukannya, lebih baik tidak digunakan.

 

Aneka masakan Nusantara dapat diciptakan dengan lebih praktis menggunakan bumbu siap saji ini. Jangan khawatir akan rasa dan kualitasnya, selama Anda menggunakan Bumbu “Dapurku” pasti akan mendapatkan cita rasa seperti bumbu yang di racik sendiri. Buat Anda yang penasaran pengen nyobain Bumbu “Dapurku” tapi bingung mau beli dimana, tidak usah pusing. Bumbu “Dapurku” sudah tersedia di Swalayan terdekat di kota Anda dan Toko online kami yang ada di TokopediaBukalapak, Shopee, Blibli, Lazada, dan Jd.id. Jadi, Anda harus beli bumbu yang berkualitas, ya!