Di era modern saat ini, definisi tentang memasak mulai berubah. Zaman dahulu hanya perempuan saja yang diwajibkan memasak, namun saat ini banyak laki-laki yang menjadi chef. Selain itu, orang-orang juga mulai beralih dari peracikan konvensional ke bumbu siap pakai.

Cara tersebut dianggap praktis untuk membantu masyarakat yang tidak memiliki banyak waktu berlama-lama di dapur. Namun pertanyaannya, bagaimana sih ciri-ciri bumbu jadi yang berkualitas?

 

Ciri Menonjol Bumbu Siap Pakai yang Berkualitas

Rasa masakan yang lezat ditentukan oleh bumbu. Sayangnya, tidak semua orang mampu menghafal rempah mana saja yang harus digunakan untuk masakan tertentu. Alhasil, banyak yang memilih bumbu masak siap pakai sebagai solusi atas permasalahan tersebut. Ciri-ciri bumbu masak siap pakai yang berkualitas adalah sebagai berikut.

1. Dikemas dengan Baik dan Rapat

Ciri pertama adalah bumbu tersebut dikemas dengan baik dan rapat. Apabila Anda menemukan kebocoran atau kemasannya rusak, lebih baik jangan dibeli karena bisa saja sudah terkontaminasi oleh bakteri sehingga tidak layak untuk digunakan.

Sebaliknya, jika masih tertutup dengan rapat dan tidak ada masalah pada kemasan, maka Anda bisa membelinya. Kemasan yang masih utuh membuat isi di dalamnya tetap terjaga dengan baik.

2. Mencantumkan Tanggal Kadaluarsa

Ciri yang kedua adalah mencantumkan tanggal kadaluarsa sebagai tanda bahwa pihak pembuatnya tidak memasukkan bahan pengawet. Perlu dicurigai jika Anda menemukan bumbu kemasan yang tidak ada tanggal kadaluarsa alias awet selamanya.

Logikanya, rempah jika dibiarkan terlalu lama saja bisa membusuk apalagi yang sudah diolah? Anda harus menelitinya terlebih dahulu sebelum membeli.

Selain itu, apabila sudah ada tanggal kadaluarsanya, maka perhitungkan juga kewajarannya.

3. Tidak Terlalu Banyak Kandungan Campuran MSG

Pada beberapa kasus, MSG memang mampu melezatkan rasa masakan. Namun apabila penggunaannya terlalu banyak, maka itu juga tidak baik untuk kesehatan. Jadi, periksa terlebih dahulu komposisi yang tertera di belakang kemasan.

Perhatikan juga berapa persentase MSG nya, jangan sampai melebihi komponen rempah itu sendiri. Lebih baik lagi jika Anda membeli bumbu siap pakai yang tidak memiliki kandungan MSG. Sampai sini paham kan?

4. Bersertifikasi Halal dan Lolos Uji BPOM

Ciri selanjutnya adalah bumbu siap pakai harus bersertifikasi halal dari MUI. Hal ini sangat penting bagi umat muslim agar memberikan kepastian pada produk bahwa di dalamnya tidak ada komposisi yang dilarang agama untuk dikonsumsi, sebagai contohnya minyak babi.

Pastikan juga sudah teruji lolos Badan Pengelola Obat dan Makanan (BPOM) sebagai tanda bahwa bahan baku dan proses pembuatan dari awal hingga akhir sudah memenuhi standar kesehatan,teruji klinis dan dijamin higienis.

5. Pilih yang Sudah Dipercaya Banyak Orang

Lebih aman lagi jika sebuah merk bumbu kemasan sudah digunakan dan dipercaya oleh banyak orang. Ciri yang satu ini tidak bisa bohong, karena pasti sangat sulit untuk menyatukan selera semua orang.

Namun jika ada pabrik yang memproduksi bumbu kemasan yang berhasil mendapatkan hati di masyarakat, maka Anda juga wajib untuk mencobanya.

Biasanya bumbu yang sudah dipercaya banyak orang, sangat mudah ditemukan baik di supermarket, toko atau mereka memiliki website khusus untuk memasarkan produknya.

 

Sekarang Anda paham kan bagaimana ciri-ciri bumbu dapur yang berkualitas? Jika Anda bertanya merk apa yang recommended jawabannya adalah Dapurku. Menyediakan berbagai macam varian yang bisa Anda lihat di website bumbudapurku.id. Yuk beli dan ciptakan masakan yang lezat. Produk dari Bumbu Dapurku bisa Anda dapatkan secara online melalui TokopediaBukalapak, Shopee, Blibli, Lazada, dan Jd.id